Proses Produksi Kubah

TAHAP PRODUKSI KUBAH MASJID ENAMEL
A. PRODUKSI RANGKA

1. PERSIAPAN BAHAN/MATERIAL
Bahan-bahan yang akan difabrikasi (pipa, hollow, dsb) disiapkan, dibersihkan dari kotoran, dan diperiksa sesuai spesifikasi yang disyaratkan (ukuran, ketebalan, dll).

2. PENGEROLAN
Untuk mendapatkan kelengkungan yang diinginkan, rangka di roll menggunakan mesin roll. Membentuk kelengkungan dilakukan secara bertahap agar bentuk yang dihasilkan lengkung sempurna dan tidak terjadi patahan/tekukan.

3. PENYETELAN RANGKA LENGKUNG
Rangka yang telah diroll, diperiksa ukurannya dan disetel sesuai kelengkungan yang direncanakan.


4. RANGKA SEKUNDER PENUTUP ATAP
Rangka sekunder penutup atap diproduksi diworkshop dengan tahapan:
1. Pengerollan untuk bagian rangka sekunder kubah yang berbentuk lengkung disesuaikan kelengkungan atap.
2. Pemasangan plat-plat tumpuan rangka sekunder pada rangka primer serta plat dudukan panel ornamental penutup atap kubah (untuk panel enamel).
3. Rangka sekunder digalvanis untuk memberi perlindungan terhadap karat sebelum dikirim ke lokasi proyek. Pelapisan galvanis pada rangka dilakukan dengan system Hot Dip Galvanis (celup) agar seluruh bagian rangka tertutup lapisan anti karat.

B. PRODUKSI PANEL KUBAH ORNAMENTAL

1. PEMOTONGAN PLAT
a. Plat low carbon steel dengan ketebalan 1.2 mm, yang masih berupa coil, dipotong-potong menjadi bentuk lembaran.
b. Plat lembaran dipotong sesuai ukuran untuk membentuk panel yang diinginkan. Proses potong plat dilakukan menggunakan mesin potong hidrolis.
c. Bagian tepi plat digerinda agar rapi dan tidak tajam.

2. TEKUK PLAT
Plat yang telah selesai dipotong menurut ukuran panel, ditekuk menggunakan mesin tekuk (bending) membentuk panel atap sesuai ukuran yang direncanakan. Penekukan harus rapi dan sudut tekukan tidak boleh terlalu tumpul.

3. FINISHING BENTUK PANEL
Panel yang telah dipotong dan tekuk, dilas pada bagian sambungan sudut-sudutnya. Hasil pengelasan yang masih kasar dirapikan dan dihaluskan dengan gerinda.

4. PEWARNAAN PANEL (ENAMELLING)
Proses enamelling panel dilakukan dengan melalui beberapa tahapan yaitu:
a. Pencucian, dilakukan hingga plat bersih dari kotoran, minyak maupun karat. Proses pencucian ini terdiri atas beberapa tahapan mulai dari penggunaan bahan kimia hingga air bersih. Plat yang dihasilkan harus benar-benar bersih termasuk dari sisa bahan kimia pembersih.
b. Pelapisan warna, dilakukan dengan metode celup (dipping) atau semprot (spraying) sesuai warna yang diinginkan. Ada 2 tahapan pewarnaan yaitu: Tahap ground coat (lapisan dasar) serta tahap cover coat (lapisan penutup). Ground coat berwarna hitam sedangkan cover coat adalah warna sesuai yang diinginkan/akan ditampilkan.
c. Pemanasan, dilakukan pada panel yang telah diwarna dengan oven yang diatur pada suhu mencapai 830o C. Pemanasan dilakukan 2 kali yaitu setelah panel tertutup ground coat dan setelah tertutup cover coat. Oven yang digunakan menggunakan system pemanasan bertahap (menggunakan ban berjalan) dengan pintu masuk dan pintu keluar berbeda, untuk mendapatkan kualitas enamel yang baik dan bermutu tinggi. Pemanasan secara langsung (memasukkan panel pada oven bersuhu tinggi) dengan pintu masuk sama dengan pintu keluar (one way system) akan menyebabkan ketidakstabilan pada suhu oven yang selanjutnya akan menyebabkan rendahnya kualitas enamel yang dihasilkan.

Bookmark and Share
Filed in: Produksi Kubah Tags: alat membetuk enamel kubah, bahan atap email mesjid, bahan kubah mesjid terbaik, bahan penutup kubah masjid, enamel kualitas terbaik diproduksi dimana, flanel kubah enamel, id, kubah, kubah bahan enamel, kubah masjid, kubah masjid baiknya menggunakan bahan apa?, kubah masjid pakai rangka atap baja ringan, kubah musholla galvanis, kubah ornamen, masjid biasanya memakai bahan atap apa, pembuat kubah enamel., pembuat kubah masjid, pembuat kubah masjid di malaysia, perusahaan pembuat kubah masjid, perusahaan pembuat kubah masjid di riau, produksi kubah masjid, produksi kubah zincalum, produsen kubah masjid, sistem produksi enamel, t

You might like:

Pemasangan Atap Kubah Enamel Fiber dan Spandek konstruksi baja WF Pemasangan Atap Kubah Enamel Fiber dan Spandek konstruksi baja WF
Kubah Mushola SD Patra Darma Balikpapan Kubah Mushola SD Patra Darma Balikpapan
Kubah Menara Masjid Al-Hidayah Surabaya Kubah Menara Masjid Al-Hidayah Surabaya
Gambar Desain Kubah Masjid Miftahul Iman Loakulu Kutai Kartanegara Gambar Desain Kubah Masjid Miftahul Iman Loakulu Kutai Kartanegara

4 Responses to "Proses Produksi Kubah"

  1. Anonymous says:

    saran sebaiknya di post rincian biaya pembuatan berdasarkan tipe dan ukuran

  2. Kubah Enamel says:

    Terima kasih atas sarannya.
    kami sengaja tidak merinci biaya dalam posting karena untuk menjaga persaingan harga yang nantinya dimanfaatkan oleh kompetitor atau pihak yang tidak berkepentingan.

  3. nursal says:

    Aslkm, saat ini kami lagi membangun sebuah musholla kecil ukuran dalam 6×6 meter,di tambah teras sekeliling jadi 10×10 meter. rencana 5 atau 10 tahun ke depan akan di buat bertingkat. kami bingung merencanakan kubahnya mengingat kubah yg byk dijual cuma berdiameter 1 meter. sementara kubah langgar nya akan di buat 3×3 meter. karena akan di buat bertingkat,bahan apa sebaiknya di cari utk kubah tsb agar bisa di gunakan lagi kalau nanti di jadikan 2 lantai. tks wass.

    • kubahenamel says:

      Wsslwrwb.
      Menurut saya kubah yang baik dan cocok adalah kubah yang ringan, aman, dapat dibongkar pasang, yaitu kubah yang kami kerjakan pakai rangka pipa dan penutup sistem panel. silahkan kontak kami untuk info lebih lanjut. Terima Kasih

Leave a Reply

Submit Comment

WordPress Anti-Spam by WP-SpamShield

© 2014 PT. Kubah Ornamen | Kubah Masjid Enamel Teflon Zincalume. All rights reserved. XHTML / CSS Valid.
Proudly designed by Theme Junkie.